Friday, July 04, 2008

Tesla Roadster Mobil Listrik Bergaya Sport

Di tengah terbatasnya persediaan bahan bakar dunia dan keinginan untuk membuat lingkungan kembali lebih hijau, banyak pabrikan kendaraan membuat mobil-mobil berbahan bakar ramah lingkungan. Tak aneh jika saat ini banyak kendaraan ramah lingkungan berseliweran di Eropa dan Amerika, seperti mobil hibrid, mobil listrik, dan mobil bertenaga surya.

Salah satu pabrikan kendaraan yang terobsesi untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan, yaitu Tesla Motor. Pabrikan kendaraan asal Amerika Serikat ini beberapa waktu lalu telah meluncurkan hasil kreativitasnya berupa mobil listrik yang diberi nama Tesla Roadster.


Kehadiran sedan beratap terbuka ini bahkan direspons cukup baik oleh masyarakat Amerika Serikat. Buktinya, kendaraan berdimensi 3.946 mm x 1.873 mm x 1.127 mm dan tampak sporty ini telah dipesan oleh 900 orang. Harga sedan roadster ini dibanderol sekitar US$ 100.000 atau setara Rp 930 juta.

Meski secara umum terkesan mahal untuk orang Indonesia, sedan ini juga ditunjang dengan perangkat yang mewah. Jadi, jangan khawatir kenyamanan sedan yang tersedia sembilan warna ini cukup terjamin.

Perangkat yang disematkan untuk menunjang kenyamanan, di antaranya kursi dan lingkar kemudi berbalut kulit yang tersedia dalam empat pilihan warna layaknya mobil sport, adanya cruise control, air conditioner, stereo sound system dengan single CD player, iPod interface, MP3 playback, power window, dan cup folder. Perangkat tersebut merupakan kelengkapan standar yang ditempelkan pada kendaraan yang mampu menampung dua penumpang ini.

Untuk menunjang kenyamanan, ada pula fitur tambahan yang dapat dipasangkan. Fitur itu antara lain Bluetooth, satelit radio dengan 17 gelombang, touch screen navigation, tujuh speaker, mobile charging system, dan beberapa fitur lain.

Sementara di bagian eksterior, disematkan lampu utama (headlamps) dengan halogen dan berteknologi LED, homebase charging system, pelek berukuran 16 inci untuk ban depan dan 17 inci ban belakang yang berwarna perak, locking wheel lugs, tier inflator, dan cold wheather ESS. Semua fitur tersebut selain menunjang tampilan yang sporty juga memberikan kesan mewah.

Faktor keselamatan tak luput dari perhatian Tesla Motor. Maka dari itu, Tesla Roadster ini dipasangkan sistem pengereman dengan Brembo ber-ABS, kantung udara, sabuk pengaman dengan pretensioner, traction control, side impact body beam, rigid occupant safety cell, tire pressure monitoring system, kode PIN, dan integrated headrest.

Segala kelengkapan tersebut tak berarti tanpa ditunjang mesin yang juga bertenaga. Mesin yang diusung Tesla Roadster ini berupa motor elektrik 3-phase 4-pole. Tenaga yang dihasilkannya sebesar 248 daya kuda (184 kW) dengan torsi maksimum 13.000 rpm.


Adapun kecepatan puncak yang dapat ditempuh Tesla berpenggerak roda belakang dengan transmisi dua percepatan manual ini sekitar 125 mph (200 km/jam). Bahkan untuk berakselerasi dari 0–60 mph hanya membutuhkan kurang dari empat detik.

Mobil listrik ini tentu saja membutuhkan baterai untuk menyimpan sumber tenaga. Baterai yang diusung Tesla ini bahkan diklaim dapat digunakan sejauh 100.000 mil. Namun karena berbagai fiturnya juga membutuhkan energi, Tesla Roadster ini mampu melaju sejauh 220 mil. Setelah itu, mobil ini harus diisi ulang selama 3,5 jam sebelum dapat dijalankan kembali.

No comments:

Post a Comment