Monday, July 14, 2008

Kocaknya Sebuah Kapal Luar Angkasa

Judul Film : Meet Dave
Genre : Fiksi/Komedi
Pemain : Eddie Murphy, Elizabeth Banks, Gabrielle Union, Ed Helms, Brandon Molale, Austyn Lind Myers
Sutradara : Brian Robbins
Produksi : 20th Century Fox
Durasi : 90 menit


Sebuah benda berbentuk bola api meluncur dari langit. Kemudian, jatuh di sebuah rumah dan masuk ke akuarium. Tak berapa lama air di akuarium tersedot oleh Orb, benda angkasa tersebut yang dapat menyerap garam dari lautan di bumi.

Sementara itu, sebuah kapal angkasa mendarat di Pulau Liberty, tempat patung kebanggaan rakyat AS berdiri. Anehnya, kapal tersebut berbentuk manusia. Kapal itu dikendalikan oleh Kapten (Eddie Murphy) dan beberapa awaknya yang menggerakkan kapal agar bertingkah laku mirip manusia.

Kapten dan awaknya merupakan makhluk dari planet Nil yang berbentuk manusia mini. Kedatangan mereka untuk mengambil Orb. Orb akan digunakan sebagai sumber tenaga di planet mereka yang mengalami krisis energi.

Karena kapal tersebut berbentuk manusia, mau tidak mau kapal tersebut harus berinteraksi dengan penduduk bumi. Untuk membantu menjalani kehidupan di bumi, Kapten dan awaknya mengandalkan mesin pencari Google dan Yahoo. Sampai akhirnya, kapal tersebut bertemu Gina Morison (Elizabeth Banks). Kapten dan awaknya kikuk karena tidak tahu harus berbuat apa. Nama pun tidak punya.

Akhirnya kapal tersebut menyebut dirinya sebagai Dave Ming Chang. Menurut mesin pencari tersebut, nama itu banyak digunakan oleh penduduk di bumi. Lambat laun Kapten dapat mengendalikan kapalnya untuk berinteraksi dengan manusia, terutama Gina.

Sementara itu, anak Gina, Josh (Austyn Lind Myers), menjadi penemu Orb. Sayang, Orb itu diambil paksa oleh teman Josh.

Seperti sudah direncanakan, akhirnya Josh dan Dave bertemu. Karena tingkah laku Dave yang aneh, Josh berpikiran bahwa Dave adalah makhluk luar angkasa. Hal itu ditanyakan Josh. Josh juga bertanya mengapa Dave datang ke bumi. Dave pun mengatakan yang sebenarnya bahwa mereka mencari Orb.

Seiring berjalannya waktu, Kapten beserta awaknya yang awalnya menganggap manusia sebagai makhluk kejam, akhirnya menyadari bahwa manusia itu memiliki sesuatu yang kompleks. Bahkan, mereka menganggap kehidupan di bumi sungguh menyenangkan.

Namun, salah seorang awak kapal menganggap Kapten dan awak yang lain telah melupakan tujuan awal mereka, yaitu mencari Orb. Awak kapal tersebut bahkan mengatakan hampir seluruh awak kapal terbuai oleh keindahan kehidupan di bumi.

Dia pun melakukan kudeta dengan dibantu beberapa awak kapal. Kapten dipenjara. Bahkan bersama awak Nomor 3, Kapten dibuang keluar kapal.

Kapal yang telah berganti pemimpin melakukan kekacauan di bumi. Itu dilakukan untuk mencari Orb.

Setiap film yang dibintangi Eddie Murphy selalu mengundang tawa penonton. Misalnya seperti film Beverly Hills Cop, The Nutty Professor I dan II, Daddy Day Care, Dr Doolittle, dan Norbit. Dalam film ini pun, akting Eddie kerap membuat penonton tersenyum. Tak hanya dari gaya berbicaranya, tingkah laku dan mimik wajah aktor kulit hitam ini mampu menghidupkan suasana.

Seperti yang terlihat di awal film ketika kapal wujud manusia itu hadir. Dengan pakaian jas tahun 1970-an, Eddie harus berjalan layaknya orang pincang. Tapi dengan gaya yang berubah-ubah. Begitu pula mimik wajahnya. Eddie begitu lihai mengubah mimik dari muka kaku, tersenyum dengan hati terpaksa, dan lainnya. Bahkan, dia bisa tampil berwibawa saat menjadi pemimpin kapal. Sepertinya, roh film ini ada pada diri Eddie karena dia memainkan dua karakter yang berbeda.

Cerita yang ditulis oleh Robb Greenberg dan Bill Corbett ini juga mudah diikuti. Alurnya bahkan sederhana untuk dipahami, meski ada sedikit adegan yang dibuat terkesan bertele-tele. Namun begitu, film bergenre komedi dan diarahkan oleh Brian Robbins ini layak untuk ditonton sebagai hiburan.

No comments:

Post a Comment