Tuesday, July 08, 2008

Transformasi Perangai Pemuda Pecundang

Judul Film : Wanted
Genre : Aksi/thriller
Pemain : James McAvoy, Morgan Freeman, Angelina Jolie, Terrence Stamp, Thomas Kretschmann, David O’Hara
Sutradara : Timur Bekmambetov
Produksi : Universal Pictures
Durasi : 110 menit


Pertarungan tak imbang terjadi di atap sebuah gedung. Satu orang melawan lima orang. Namun, pertarungan itu dimenangi satu orang, yaitu Mr X (David O’Hara). Sayang ia kemudian tersungkur karena tertembus peluru yang dilesakkan seseorang dari jauh.

Sementara itu, akuntan pelanggan, Wesley Gibson (James McAvoy), selalu ditekan oleh bosnya karena dianggap tak becus bekerja. Ia juga merasa hidupnya menjemukan. Apalagi ia hidup sendiri tanpa mengenal seorang ayah. Hidup Wesley makin tak menyenangkan karena pacarnya berselingkuh dengan teman sekantor Wesley.

Sampai akhirnya Wesley bertemu Fox (Angelina Jolie), anggota Fraternity, di sebuah supermarket. Fraternity merupakan kelompok pembunuh yang berprinsip bunuh satu orang, selamatkan seribu. Konon, kelompok ini sudah ada sejak ribuan tahun untuk menjaga keseimbangan hidup.

Kelompok Fraternity sengaja merekrut Wesley. Sebab, Wesley memiliki kekuatan yang selama ini tidak ia sadari. Buktinya, ia mampu menembak sayap lalat yang sedang terbang. Selain itu, Wesley merupakan keturunan pembunuh berdarah dingin yang juga anggota Fraternity, yaitu Mr X. Sayangnya, Mr X telah terbunuh.

Melalui kelompok yang dipimpin Sloan (Morgan Freeman) ini, Wesley yang sebelumnya sebagai pemuda pecundang berubah menjadi seorang pembunuh berdarah dingin. Berbagai latihan dijalani, mulai dari bertarung dengan senjata sampai melesatkan peluru yang bisa berbelok. Tujuannya ingin membalas dendam kematian sang ayah.

Adalah Cross (Thomas Kretschmann) yang menjadi incaran Wesley. Namun, Sloan belum bisa memerintahkan Wesley untuk membunuh Cross. Sebab, itu belum tercetak dalam daftar orang yang akan dibunuh. Uniknya, daftar orang yang akan dibunuh muncul melalui hasil rajutan yang berisi kode dari sebuah alat pemintal.

Sampai suatu ketika nama Cross muncul. Wesley pun mengejar Cross. Ternyata Fox juga diperintahkan Sloan untuk membunuh Wesley karena nama pemuda itu juga muncul di rajutan tersebut. Namun selanjutnya, Wesley mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di dalam kelompok Fraternity. Pertarungan pun makin seru.

Film yang mulai tayang pada 9 Juli di Tanah Air ini banyak menghadirkan aksi tembak-tembakan. Sejak pertengahan film hingga akhir, peristiwa saling melesatkan peluru kerap hadir. Bahkan, yang menarik, peluru yang dilesatkan bukan hanya mengarah lurus ke sasaran, tetapi juga dapat berbelok.

Penampilan manis nan apik dari Angelina Jolie cukup diacungi jempol. Aksinya sungguh berani dan menantang. Misalnya ketika adegan Wesley dan Fox dikejar Cross. Saat itu Fox terus menembak Cross sambil ‘menari’ di atas mobil. Bahkan, Fox juga harus melenturkan tubuhnya untuk menghindari sebuah mobil yang akan menabraknya.

Rupanya film laga seperti ini yang digemari istri Bradd Pitts. Aksi Jolie tak kalah dengan film yang telah tayang beberapa waktu lalu seperti Mr and Mrs Smith (2005) dan Lara Croft: Tomb Raider (2003).

Ide cerita film ini diangkat dari komik dengan judul yang sama karya Mark Millar dan JG Jones. Menariknya, film ini disutradarai oleh Timur Bekmambetov yang asli Rusia tapi kelahiran Kazakstan. Wanted juga merupakan film berbahasa Inggris pertama bagi Bekmambetov.

Terlepas dari itu, film ini menyimpan pesan bahwa setiap orang dengan segala kekurangan dan kelebihannya berhak menentukan pilihan hidup. Inilah hal penting di balik film penuh desingan peluru karya Bekmambetov.

1 comment:

  1. wah, kayaknya seru nih. pasti ditonton dong

    ReplyDelete