Friday, July 04, 2008

Resep Berbisnis dengan Cendol dan Botol

Judul Buku : Kaya dari Bisnis Sistem Cendol dan Botol
Penulis : Kentos R Artoko
Penerbit : Visimedia
Terbit : Mei 2008
Halaman : x + 146


Judul buku yang ditulis Kentos R Artoko ini sungguh menggelitik dan mengundang keingintahuan. Pasalnya, banyak orang akan bertanya-tanya apa benar minuman cendol dan botol dapat membuat seseorang menjadi kaya? Jika membaca pertanyaan ini, yang terlintas dalam pikiran Anda mungkin saja kekayaan yang diperoleh berasal dari kegiatan berjualan cendol dan botol. Namun jangan salah. Buku ini tidak menjelaskan cara atau trik ampuh menjual cendol dan botol.

Justru dalam buku ini Anda akan dibimbing bagaimana berbisnis dengan sistem cendol dan botol. ‘Cendol’ yang dimaksud adalah cermat menggunakan dana orang lain, sedangkan ‘botol’ memiliki pengertian memanfaatkan bantuan tenaga orang lain. Jadi, cendol dan botol merupakan resep berbisnis yang ditawarkan oleh Kentos yang juga berprofesi sebagai praktisi komunikasi bisnis ini.

Untuk bisa menjalankan bisnis dengan sistem cendol dan botol, Kentos menyarankan setiap calon entrepreneur untuk bisa bergaul dengan siapa saja. Tujuannya untuk membuat jaringan atau network yang luas. Pembentukan jaringan merupakan hal yang paling mutlak dalam menjalankan sebuah kegiatan bisnis. (hlm 51)

Permasalahan utama yang dihadapi calon wirausahawan biasanya terkait dengan faktor permodalan. Namun, dengan memiliki jaringan atau network yang luas, masalah modal dapat diatasi. Sebab, ada kemungkinan jaringan pertemanan yang dimiliki akan membantu Anda.

Meskipun demikian, Anda tidak bisa secara terang-terangan meminta bantuan pinjaman modal. Ada hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Melakukan penilaian dengan cermat terhadap orang yang akan Anda mintai bantuan merupakan langkah penting yang harus dilakukan.

Penilaian tersebut berdasarkan kesamaan visi dan misi antara Anda dan teman yang akan dimintai bantuan. Jika tidak memiliki kesamaan tujuan, teman Anda itu tidak bisa diajak untuk bekerja sama, apalagi dimintai bantuan pinjaman modal. Akan tetapi, jika teman Anda bisa memberikan pinjaman modal, berarti Anda telah memulai bisnis dengan sistem cendol.

Memiliki jaringan yang luas juga membantu ketika usaha Anda sudah berjalan ataupun saat dirintis. Misalnya, jika Anda kesulitan menemukan seseorang yang akan Anda pekerjakan, Anda bisa merekrut seorang atau beberapa teman. Dengan demikian, usaha Anda akan berjalan dengan bantuan tenaga dari orang lain. Inilah resep botol yang Anda jalankan.

Menggunakan sistem bisnis cendol dan botol setidaknya dapat memudahkan Anda untuk berwirausaha. Hanya dengan menggunakan dana dari orang lain, Anda dapat membangun sebuah usaha. Apabila usaha itu sudah berjalan, Anda juga tidak terlalu repot karena usaha yang dirintis dijalankan oleh orang lain. Anda pun hanya mengawasi jalannya bisnis Anda. Jadi, cukup mudah bukan untuk memulai berbisnis.

Meskipun demikian, dalam menjalankan sistem bisnis dengan cendol dan botol ini ada satu hal lagi yang mesti diperhatikan, yaitu kejujuran (hlm 73). Tanpa itu, Anda tidak akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain, meski Anda memiliki jaringan yang luas. Oleh karena itu, menjaga kepercayaan orang lain dengan kejujuran syarat mutlak dalam berbisnis.

Buku yang terdiri atas delapan bab ini tidak hanya mengulas tentang sukses berbisnis dengan sistem cendol dan botol, tetapi juga tentang apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan berbisnis, bagaimana menjalankan sebuah bisnis, dan bagaimana membentuk mental menjadi pengusaha besar.

Pemaparan dengan bahasa yang sederhana memudahkan pembaca untuk memahami isi buku ini. Dengan begitu, selain cocok dibaca oleh siapa saja, hadirnya buku ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap entrepreneurship di masyarakat Indonesia untuk berwirausaha.

Sayangnya, buku jenis ini sudah cukup banyak di pasaran. Meskipun begitu, tampilan yang memikat, pemilihan judul yang menarik perhatian, dan sistem baru dalam berbisnis setidaknya menjadi magnet untuk menjaring pembaca.

No comments:

Post a Comment