Friday, July 04, 2008

Aksi Jagoan Berjubah Besi

Judul Film : Iron Man
Genre : Laga/Fantasi
Pemain : Robert Downey Jr, Terrence Howard, Jeff Bridges, Shaun Toub, Gwyneth Paltrow
Sutradara : Jon Favreau
Produksi : Paramount Pictures dan Marvel Entertainment
Durasi : 126 menit


“Damai terbentuk dengan memiliki senjata terampuh.” Begitulah yang terlontar dari seorang pembuat senjata, Tony Stark (Robert Downey Jr), tentang kedamaian saat mempresentasikan senjatanya. Sayangnya, saat itu dia belum melihat bahwa senjata yang diciptakan telah menyebabkan banyak nyawa melayang. Sampai akhirnya, dia hampir menjadi korban dari hasil kerja kerasnya dalam sebuah penyerbuan di wilayah Afghanistan.

Akhirnya, karena terluka di bagian dada, Tony ditahan oleh kelompok yang ingin menguasai dunia dengan senjata. Serpihan peluru di dada Tony yang tak bisa dikeluarkan mengharuskan Yinsen (Shaun Toub), seorang dokter, harus membedah dan memasangkan alat magnetik agar serpihan itu tidak mengalir ke jantung. Inilah yang menjadi sumber tenaga ketika Tony menjadi iron man.

Dalam penahanan, Tony dipaksa membuat senjata terampuh. Permintaan itu diterima. Para penculik akhirnya menyediakan segala perlengkapan dan keperluan untuk membuat senjata. Meski segala keperluan untuk membuat senjata telah dipenuhi, Tony tidak melakukan permintaan penculik. Malah, Tony membuat senjata mematikan berupa pakaian besi antipeluru untuk membebaskan dirinya dari penculikan. Usaha yang dibantu Yinsen itu berhasil. Tony pun bebas dan kembali ke dunianya sebagai pencipta senjata yang suka memainkan wanita-wanita cantik.

Rupanya, kejadian penculikan itu membuat Tony sadar bahwa senjata bukan untuk menciptakan kedamaian. Dengan kepintaran dan kejeniusannya, Tony pun mengembangkan jubah besinya untuk menghancurkan kejahatan yang menggunakan senjata-senjata yang diproduksinya. Namun usaha ini ditentang Obadiah Stane (Jeff Bridges), teman almarhum ayah Tony sekaligus tangan kanannya. Penentangan ini akhirnya membawa perselisihan di antara keduanya. Apalagi, Obadiah juga mengembangkan pakaian besi. Jadilah pertempuran yang seru.

Film yang diawali dengan adegan penyerangan terhadap Tony ini berhasil memancing pertanyaan di benak penonton. Apalagi dengan alur mundur, adegan selanjutnya menggambarkan kehidupan Tony Stark yang bekerja di perusahaan senjata Stark Industries. Adegan itu sengaja dibuat sang sutradara Jon Favreau untuk mengungkap bahaya senjata terhadap banyak orang, termasuk penciptanya. Inilah sebetulnya yang ingin disampaikan dalam film ini.

Tak hanya keseruan yang ditampilkan dalam film yang diangkat dari komik karya Marvel ini. Unsur komedi pun banyak tersebar di film yang dirilis pada 2 Mei 2008, terutama pada sikap konyol pemeran utama, Tony Stark. Misalnya ketika adegan di akhir film. Saat itu, Tony menyebutkan jati dirinya sebagai iron man, padahal sebelumnya dia tidak disarankan untuk mengatakan itu.

Kelihaian Robert Downey Jr memerankan sang jagoan jubah besi ini menjadi nilai tambah bagi film yang berdurasi sekitar 126 menit ini karena berhasil membangun suasana. Dalam film ini dia memerankan karakter yang unik sebagai miliarder, ilmuwan, dan pencipta senjata yang memiliki tabiat tak bisa ditebak, bahkan kadang-kadang konyol.

Sayangnya, karakter pemeran lainnya seperti Letnan Kolonel James Rhodes (Terrence Howard), sebagai sahabat Tony, dan Virginia ‘Pepper’ Pots (Gwyneth Paltrow), sekretaris Tony, kurang mendukung. Apalagi kehadiran tokoh-tokoh ini sepertinya hanya menjadi sebagai pelengkap. Meskipun begitu, film yang diproduksi Paramount Picture ini setidaknya sangat menghibur.

No comments:

Post a Comment