Wednesday, January 07, 2009

Kisah Sebelum Tidur yang Menjadi Nyata

Judul Film : Bedtime Stories
Genre : Komedi fantasi
Pemain : Adam Sandler, Jonathan Morgan Heit, Laura Ann Kesling, Keri Russell, Guy Pearce, Richard Griffiths, Courtney Cox, Russel Brand
Sutradara : Adam Shankman
Produksi : Walt Disney Pictures
Durasi : 95 menit
Rating : 3/5

Masih ingat dengan cerita sebelum tidur yang mungkin pernah dibacakan oleh orang tua? Itulah inspirasi film arahan Adam Shankman ini. Akan tetapi, film ini menawarkan sesuatu yang beda, yaitu cerita sebelum tidur menjadi nyata pada hari berikutnya.

Adalah Skeeter Bronson (Adam Sandler) yang mengalami kisah sebelum tidur tersebut menjadi nyata. Skeeter merupakan pegawai hotel yang ramah dan bersahabat. Dulunya hotel tersebut milik ayah Skeeter. Namun, karena hotel tersebut kesulitan keuangan, ayah Skeeter terpaksa menjual hotel itu kepada pemilik jaringan hotel, Barry Nottingham (Richard Griffiths). Barry berjanji bahwa suatu saat Skeeter dapat mengelola hotel itu.

Skeeter pun bekerja keras dengan harapan dia akan menjadi manajer hotel itu. Sayangnya, ketika hari penentuan tiba, ternyata posisi itu justru diberikan kepada orang lain. Kendall Duncan (Guy Pearce) yang akhirnya menjabat manajer hotel. Kendall juga tahu harapan Skeeter yang menginginkan posisi manajer. Karena itu, Kendall berulang kali menunjukkan kekalahan Skeeter. Kendall juga sering memamerkan keunggulan dibandingkan dengan Skeeter.

Skeeter pun tak bisa berbuat banyak. Dia hanya bisa membalas perlakuan Kendall dengan mengarang cerita yang mengunggulkan posisinya. Maka dari itu, dia mendongengkan kisah itu kepada kedua orang keponakannya, Patrick (Jonathan Morgan Heit) dan Bobbi (Laura Ann Kesling). Kebetulan Skeeter harus menjaga keponakannya itu karena kakaknya, Wendy (Courteney Cox), harus keluar kota untuk mencari pekerjaan baru.

Skeeter menjaga kedua keponakannya bergantian dengan teman Wendy bernama Jill (Keri Russell). Terkadang Skeeter juga ditemani sahabatnya, Mickey (Russel Brand).

Setelah menceritakan sebuah kisah pada malam hari, secara tiba-tiba keesokan harinya dongeng Skeeter menjadi sungguhan dan seolah-olah nyata. Skeeter yang membaca peluang emas ini kemudian mengarang berbagai macam cerita. Tujuannya, mengambil alih posisi manajer hotel yang kini dijabat Kendall.

Sayangnya, campur tangan kedua keponakannya mengubah rencana tersebut. Akibatnya, menjadi malapetaka yang tak terbayangkan oleh Skeeter.

Untuk Umum
Meskipun film ini mengangkat dongeng sebelum tidur dan khusus ditujukan untuk anak-anak, bukan berarti film ini tak layak ditonton untuk orang dewasa. Justru film ini dapat dinikmati oleh siapa saja. Sebab, film ini pas untuk semua kalangan dan bersifat umum.

Unsur jenaka dan humor segar yang muncul dari kekonyolan Skeeter terlihat pas untuk dinikmati seluruh keluarga. Suasana yang dibangun di film ini pun akhirnya muncul dari kekonyolan Skeeter itu.

Kepiawaian Adam Sandler memerankan karakter Skeeter juga terasa pas. Kekonyolan yang dihadirkan juga terlihat natural. Sepertinya, dia cocok untuk memerankan karakter pria yang selalu dirundung kesialan seperti di film Anger Management. Yang tak kalah menariknya adalah penampilan dua bintang cilik Laura Ann Kesling dan Jonathan Morgan Heit yang terlihat begitu wajar memerankan dua keponakan Skeeter. Mereka terlihat menikmati peran yang diberikannya.

Meskipun demikian, jangan berharap ada logika di film ini. Sebab, film ini memang sebuah dongeng sebelum tidur yang di dalamnya banyak hal mustahil yang bisa saja terjadi. Terlepas dari itu, Adam Shankman mampu mengolah ide cerita sederhana ini menjadi sebuah tontonan yang menarik dan menghibur. Di samping itu, film berdurasi 95 menit ini juga mengajarkan pada anak-anak agar mereka optimistis. Selain itu, akhir yang bahagia adalah buah dari usaha dan kerja keras diri sendiri.

6 comments:

  1. Anonymous14:29

    Terlalu biasa-biasa saja. Mumpung sekalian berfantasi, kan bisa dibikin gila-gilaan tuh permainan logika dan lucu-lucunya. Jadinya tanggung.....

    ReplyDelete
  2. Namanya juga dongeng sebelum tidur. jadi banyak fantasinya dan gak terkadang gak logis. tapi lumayanlah buat mengingat masa kecil. hehehehe

    ReplyDelete
  3. Anonymous02:26

    Maksudnya mumpung udah nggak logis, dimainin aja fantasinya gila-gilaan. Jadinya fantasinya tanggung, dramanya juga tanggung, lucunya juga tanggung.
    Udah nonton Spirited Away nya Hayao Miyazaki belom? Itu tuh conton film yang nggak tanggung2 mainin fantasi (walaupun yg ini versi anime).

    ReplyDelete
  4. iya ya. betul juga sih.

    kalo nonton Spirited Away belum. Memangnya benar-benar gila ya fantasinya. Coba cari aaahhh....

    ReplyDelete
  5. Anonymous23:37

    Spirited away film anime, tapi kalau lebih milih film LIVE (manusia) cobain tonton film "dongeng" The Fall. ulasannya ada di gilasinema.

    ReplyDelete
  6. iya bos ane dah baca. mantab. jadi penasaran. siap2 berburu ahhhh.

    ReplyDelete