Wednesday, February 25, 2009

Skandal Konspirasi Bankir Internasional

Judul Film : The International
Genre : Drama aksi
Pemain : Clive Owen, Naomi Watts, Armin Mueller Stahl, Ulrich Thomsen, Haluk Bilginer, Luca Barbareschi
Sutradara : Tom Tykwer
Produksi : Relativity Media
Durasi : 118 menit
Rating : 4/5


They control your money. They control your government. They control your life. And everybody pays

Ternyata banyak permasalahan yang tidak bisa diungkap di dunia ini. Semua itu tersimpan rapat karena banyak konspirasi yang terjadi. Bahkan, seluruh negara terlibat sehingga memunculkan permasalahan yang kompleks. Dan, tak ada yang bisa menguak konspirasi tersebut.

Namun, seorang agen Interpol Louis Salinger (Clive Owen) bersama asisten kejaksaan Manhattan Eleanor Whitman (Naomi Watts) berupaya membongkar konspirasi korupsi yang dilakukan International Bank of Business and Credit (IBBC) yang ada di Luksemburg. Bank tersebut diduga melakukan penjualan senjata. Senjata-senjata itu akan dikirim ke sejumlah negara dunia ketiga, seperti Liberia.

Dari pengakuan Jonas Skarssen (Ulrich Thomsen), pemilik IBBC, penjualan senjata yang dilakukannya memang untuk memunculkan konflik. “Konflik itu komoditas karena akan memberikan utang,” kata Skarssen. Dengan begitu, sudah dipastikan negara-negara dunia ketiga akan mencari pinjaman kepada bank untuk memulihkan perekonomian akibat konflik.

Itulah yang diselidiki Salinger dan Ella. Namun, untuk mengungkapnya tidak mudah. Butuh bukti dan kesaksian orang-orang yang terlibat. Sayang, beberapa orang saksi kunci yang mengetahui hal tersebut malah tewas dibunuh secara misterius. Termasuk, Thomas Schumer, rekan seprofesi dengan Salinger.

Sementara itu, Skarssen bekerja sama dengan penjual senjata asal Italia, Umberto Calvini (Luca Barbareschi), yang berupaya menjadi perdana menteri. Itu dilakukan untuk menutupi penjualan senjata yang dilakukan Skarssen. Dengan begitu, nama lembaga keuangannya tetap bersih. Namun, sebelum ada kesepakatan, Calvini tewas tertembak ketika berkampanye. Padahal, dia termasuk saksi kunci bagi Salinger dan Ella.

Akhirnya, Skarssen mengalihkan kerja samanya dengan penjual senjata asal Turki, Ahmet Sunay (Haluk Bilginer). Itu dilakukan setelah perundingan dengan anak Calvini juga tidak membuahkan hasil. Sementara negara Liberia telah meminta untuk segera dikirimkan senjata.

Kompleks
Permasalahan yang diawali dari tindakan pencucian uang yang dilakukan IBBC ternyata menimbulkan banyak permasalahan yang mengelilinginya. Tak hanya soal bisnis, tetapi juga menyangkut politik, ekonomi, keamanan suatu wilayah, perdagangan ilegal, dan pembunuhan. Jadi, tontonan ini memiliki permasalahan yang kompleks, rumit, dan penuh intrik.

Meski begitu, film ini masih dapat dinikmati. Sebab, inti permasalahan dalam film ini hanyalah tentang bagaimana menyembunyikan dan membongkar kejahatan tingkat internasional. Karena itu, film ini mengambil setting cerita di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Luksemburg, Turki, dan Italia. Juga jangan heran jika film ini melibatkan banyak karakter.

Lagi pula, film ini juga disuguhi dengan adegan tembak-tembakan yang menyebabkan banyak nyawa melayang. Adegan tersebut berlangsung di sebuah museum saat Salinger akan menangkap pembunuh Calvini. Ternyata, dalam adegan tersebut Salinger juga akan dibunuh oleh orang-orang suruhan Skarssen.

Aksi Salinger baru terlihat di adegan ini, meski kehebatannya tak menonjol. Sebab, dia lebih banyak ditolong pembunuh Calvini yang ternyata juga akan dibunuh. Akibatnya, karakter Salinger tidak terlihat sebagai Interpol yang mumpuni. Hanya watak keras, fokus, dingin, dan jarang senyum yang terlihat. Itu pun tak memberi kesan bahwa dia adalah bintangnya.

Akhir cerita film ini juga tak menggambarkan penyelesaian dari konspirasi yang terjadi. Penonton dibiarkan berpendapat sendiri. Akan tetapi, secara tersirat film ini mengabarkan bahwa konspirasi memang ada di muka bumi ini. Hal tersebut sulit untuk diungkap karena ada banyak kepentingan di dalamnya yang menyangkut hubungan antarnegara.

5 comments:

  1. Kayaknya thrillernya keren yah? maksudnya lumayan tegang?

    ReplyDelete
  2. "They control your money. They control your government. They control your life. And everybody pays" tagline nya lucu...bagus ding...knp judulnya ga "CONTROL" aja yaaa??hahahahaha...

    ReplyDelete
  3. tuk yusahrizal:
    yap betul film ini memberikan ketegangan yang lumayan bagus. apalagi, di dalam film ini juga menggambarkan bagaiaman upaya salinger menemukan seorang saksi yang ternyata malah tewas terbunuh terus. jadi, lumayan asyik tuk ditonton.

    tuk ieraiera:
    kenapa judulnya gak COntrol aja? sebab, (ini sih menurut gw) karena ini melibatkan banyak negara dan orang. jadinya, dikasih judul the international.

    ReplyDelete
  4. Anonymous14:30

    kalau soal perbankan, percayalah, kenyataannya lebih mengerikan dari filmnya. aku kebetulan punya film dokumenter tentang perbankan. dan bikin bergidik, karena menceritakan tentang bagaimana pihak bank menggunakan uang kita untuk menjadi kaya sekaligus membuat kita menjadi bangkrut. dan semuanya itu legal!

    ReplyDelete
  5. wahh. sereeem banget tuuhhh. kalo mau lihat, bisa di tonton di mana ya. atau semuareview bisa kirim filmnya. ditunggu ya.

    ReplyDelete