Tuesday, March 03, 2009

Orang-orang Super Berkarakter Lemah

Judul Film : Push
Genre : Sci-fi
Pemain : Chris Evans, Dakota Fanning, Camilla Belle, Djikon Hounsou, Nate Mooney, Ming Na, Cliff Curtis
Sutradara : Paul McGuigan
Produksi : Summit Entertainment
Durasi : 88 menit
Rating : 2,5/5


Konon diceritakan Nazi bereksperimen menciptakan manusia berkekuatan super. Manusia tersebut akan dijadikan tentara yang tak terkalahkan. Bahkan, eksperimen tersebut dilanjutkan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Kini, eksperimen tersebut menghasilkan manusia-manusia berkekuatan super. Manusia super tersebut tersebar di seluruh dunia dengan kekuatan berbeda-beda. Ada yang disebut Sniffer yang mampu mendeteksi seseorang melalui sebuah benda, Watcher yang dapat melihat masa depan, Mover yang dapat menggerakkan benda tanpa disentuh, dan Pusher si pengontrol pikiran orang lain.

Ada pula Bleeder yang dapat menghancurkan benda dengan menjerit, Shifter si penggubah objek, Shadow atau perisai dari tatapan Sniffer dan Watcher, serta Wiper yang bisa menghapus ingatan. Kemudian, ada Stitcher yang mengobati manusia super hanya dengan sentuhan.

Sebagian manusia super tersebut ada yang hidup normal, bertindak jahat untuk menjadi yang terkuat, dan tergabung menjadi anggota Division. Divison merupakan lembaga yang terus melakukan eksperimen untuk menghasilkan orang yang benar-benar super. Apalagi, generasi kedua dari para manusia super itu tidak sehebat generasi pertama.

Adalah Kira Hudson (Camilla Belle) yang diyakini Divison berpeluang lebih hebat dibanding manusia super generasi kedua lainnya. Namun, Kira si Pusher kabur dari laboratorium Division karena takut dibunuh. Sementara itu, Nick Grant (Chris Evans) yang berkekuatan Mover pernah mendapat pesan dari ayahnya bahwa hidupnya akan selamat jika ada wanita yang menghampirinya sambil memberikan bunga.

Wanita tersebut adalah Cassie Holmes (Dakota Fanning) yang tiba-tiba datang ke apartemen Nick. Cassie si Watcher yang berumur 13 tahun akan memberikan US$ 6 juta kepada Nick. Syaratnya, Nick mengambil tas yang berisi serum suntik yang dapat menghancurkan Division pimpinan Henry Carver (Djikon Hounsou). Tas itu ada di tangan Kira.

Selanjutnya, jalan cerita makin rumit. Sebab, manusia super yang ada di Hong Kong juga menginginkan serum suntik tersebut. Tujuannya untuk menghancurkan Division. Sementara Henry Carver juga berupaya mendapatkan Kira.

Karakter Lemah
Banyaknya pemain dalam film ini membuat karakter yang ditampilkan di tiap tokoh tak menggigit. Kendati tiap karakter memiliki kekuatan yang berbeda, itu tidak menggambarkan karakter tokoh yang sebenarnya. Jadinya, karakter tiap tokoh menjadi lemah dan kurang pas.

Misalnya karakter Cassie. Benar-benar tak mengena untuk peran seusianya. Karakter Cassie dibuat dewasa baik gaya maupun cara bicaranya. Padahal, Watcher cilik ini yang selalu membawa kertas gambar ini baru berumur 13 tahun. Belum lagi dengan karakter Nick yang tak memperlihatkan bahwa dia menjadi pahlawan bagi Kira. Sepertinya, peran Nick biasa saja. Tak ada daya pukul bagi seorang jagoan.

Akibat karakter yang lemah ini membuat jalan cerita juga agak aneh. Terutama saat Kira dan Nick bertemu. Mereka bahkan dianggap sudah saling mengenal. Padahal, sebelumnya tak ada keterangan apa pun mengenai hubungan spesial mereka. Ini membuat penonton bertanya kapan mereka bertemu dan saling kenal?

Konflik yang dibangun di antara tiga kelompok, yaitu Nick dan kawan-kawan, Division, dan manusia super Hong Kong, juga kurang gereget. Perselisihan di antara ketiganya tidak dibangun dengan apik oleh penulis cerita David Bourla. Akibatnya, ketegangan di antara kelompok manusia super ini tak maksimal. Tak ada adu kekuatan yang memperlihatkan kemampuan mereka.

Meskipun demikian, paras ayu Camilla Belle setidaknya dapat sedikit menghibur penonton. Sebelumnya Camilla Belle pernah terlibat dalam film 10.000 BC yang rilis pada tahun 2008.

9 comments:

  1. Halo, Eko, ini pak abah nih. Link-mu aku taut di blogspotku ya, untuk meramaikan blog sesama blogspot. Tapi, mungkin nanti aku pasang juga di WP-ku. Punya uchan juga keknya. Untuk sementara di blogspot dulu. Salam kangen.

    ReplyDelete
  2. terima kasih pak bah. nanti aku link juga ya blog pak bah. semoga makin banyak yang bacanya. hehehehe.

    ReplyDelete
  3. Anonymous15:34

    aseeek akhirnya nongol pilmnya dakota fanning yg dah ABG,...

    ReplyDelete
  4. wah. makasih mas lutfi. akhirnya kita ketemu juga di blog masing-masing setelah bergulat di kelas SMO. terima kasih dah berkunjung.

    tapi sayang dakota fanningnya kurang asyik mainnya. dia malah tampil dewasa banget di film ini.

    ReplyDelete
  5. alow, 'lam kenal,banyak blog resensi film..kyknya cm blog sy aja yg sajikan posting "adegan2 terbaik/best scenes" films, alasan sy,biar ada identitas pembeda dgn blog film sejenis alias biar jd trade-mark blog sy jg.lagipula biar ngga plagiat,krn minimal utk tau best scenesnya hrs nonton dolo filmnya (bukan hy thrillernya lho), dan baru deh bs tentukan mana best scenes-nya tho?dan kadang ngga cm film aja siy yg ku review, krn best paragraphs dr buku2 jg sdh ku draft utk best paragraphs, maklum kebanyakn baca buku jg, ngga ada salahnya bagi2 ilmu kan?. Kedua, klo nulis resensi kyknya sy ngga sanggup deh,byk bener..hehe.(maklum sibuk tulis thesis jg niy). mnrt ku PUSH inspired dari HEROES kali yaah? mdh2n aku bs segera nonton PUSH biar bs pilih best scenesnya PUSH. see u.peace.

    ReplyDelete
  6. oh salam kenal Satria, mudah2an blog kita bisa saling melengkapi deh. atau sekalian aja bikin majalah khusus film biar tambah seru. hihihii.

    hebat bos, lagi nylesain tesis. semoga cepat kelar deh. makasih juga dah berkunjung n kasih komen

    ReplyDelete
  7. ini film taun kapan ya. 21 makin gak jelas kriteria pemilihan filmnya.

    aku malah lagi kesel nih nungguin watchmen yang belum tayang di sini

    ReplyDelete
  8. wah...mampir bentar ke blog ini kok jadi kelamaan ( betah )gw baca resensi filmnya ya...abis orisinil ulasanya, good good...bahasanya mengalir n berbobot...trus foto fotonya itu loh...wuih serasa nonton di 21...

    ReplyDelete
  9. @Oni: Ini film tahun 2009. 21 mungkin lebih selektf lagi untuk memasukkan film-film ke Indonesia. Watchmen saja, kemungkinan gak bisa masuk ke sini karena ada adegan yang tak sesuai dengan budaya kita. (bisa baca di blognya gila sinema atau bang mupi ya. saya lupa silakan klik saja deh link di blog saya).

    @tandatanya: terima kasih sudah berkunjung. mohon maaf kalau ulasannya tak objektif karena memang memandangnya dari sisi pribadi. setidaknya diusahakan objektif.

    ReplyDelete